Turun Gunung Mencari Jerami Untuk si Sapi

Jpeg

Truk yang membawa demen dari Bantul untuk dibawa ke Dlingo (foto: Tomi/PY)

Pewarta Yogya – Ketika musim panen tiba, apalagi panen padi, banyak yang mendapatkan keuntungan dari hasil panen padi tersebut. Bukan hanya beras saja yang berhasil di dapat, tetapi dedak untuk pakan ternak ataupun unggas dan damen (jerami) juga bisa untuk pakan ternak seperti sapi untuk pengganti rumput. Salah satu yang memanfaatkan damennya adalah Mas Ramak, beliau turun gunung dari Mangunan Dlingo Bantul untuk mencari damen didaerah persawahan yang ada di Bantul Kota.

Musim panen seperti ini adalah lahan empuk bagi Mas Ramak dan teman-temannya yang sehari-hari bekerja di sektor pertanian untuk mencari damen untuk ternaknya masing-masing. Wajar saja, karena di Dlingo jarang sekali melihat persawahan yang ditanami padi karena beberapa faktor yang menghambatnya. Selama musim panen tiba Mas Ramak bisa mengumpulkan damen kurang lebih satu truk kecil (truk engkol) setiap harinya.

“Untuk satu truk kecil ini biasanya 10-15 bandel damen, tergantung besar kecil bandelnya. Seminggu sudah dapat banyak damen, bisa untuk 2 sampai 3 bulan kedepan”, terang Mas Ramak ketika ditanya soal muatan truk untuk damen.

Kurang lebih selama satu minggu mencari damen, Mas Ramak dan teman-temannya bisa mengumpulkan damen untuk menghidupi sapinya berbulan-bulan sampai musim panen padi berikutnya tiba. Ketika damen susah didapat apalagi didaerah pegunungan, salah satu hal yang harus dilakukan adalah dengan turun gunung demi sesuap damen untuk si sapi.(AB)

 

You may also like ...