Ngalam Tebar Pesona dengan Pusaka Indonesia Festival 2016

14291866_1255991977786928_2069310560569949714_n

Pusaka Indonesia Festival 2016 Di Malang (foto: www.indonesia-heritage.net)

PEWARTA YOGYA – Kota Malang kembali bakal menebarkan pesona pariwisata. Daerah yang punya banyak destinasi unggulan itu akan menyelenggarakan event Pusaka Indonesia Festival 2016 yang akan diselenggarakan di Malang, Jawa Timur, pada 18 hingga 24 September 2016.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pariwisata, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Kabupaten Malang, Badan Pelestarian Pusaka Indonesia, dan berbagai komunitas seni budaya bekerja sama untuk menyelenggarakan acara ini.

Untuk menyaksikan serangkaian sarasehan, Literasi Singhasari diselenggarakan dan didedikasikan bagi penulis, akademisi, sejarawan, arkeolog, jurnalis, pelajar, mahasiswa dan pengamat budaya serta pemerintah. Semua dilakukan melalui ruang dialog yang dikemas secara menarik.

Selain itu, nantinya juga akan digelar Festival Panji di tempat dan waktu yang sama. Festival ini akan menghibur pengunjung dalam waktu sepekan dalam pementasan seni budaya yang menampilkan berbagai kisah panji.

”Pertunjukan ini dibawakan oleh para seniman dari berbagai negara Asia. Jadi sangat baik juga untuk menarik wisatawan mancanegara,” ujar Jarianto selaku Kepala dinas Pariwisata Jawa Timur.

Latar belakang diselenggarakannya Pusaka Indonesia Festival 2016 adalah menjadikan Kabupaten Malang sebagai pusat pembelajaran bagi berbagai kalangan untuk menggali nilai-nilai warisan budaya yang diyakini mampu meningkatkan rasa cinta kepada warisan seni dan budaya.

”Ini akan menjadi daya tarik Malang secara khusus, Jawa Timur secara umum, tentunya mendukung target yang tinggi di kunjungan wisatawan,” ujar pria berkacamata itu.

Pusaka Indonesia Festival 2016 mencakup tiga sub festival, yaitu: Temu Pusaka Indonesia, Literasi Singhasari dan Festival Panji. Temu Pusaka Indonesia merupakan serangkaian kegiatan yang didedikasikan untuk menggali dan membumikan nilai luhur Bangsa Indonesia. Pusaka Indonesia Festival 2016 menargetkan 18.000 wisatawan nusantara dan 2.700 wisatawan mancanegara.

Menpar Arief Yahya menyebut konten kegiatan ini sebenarnya lebih ke Kebudayaan, belum masuk ke commercial value. Tetapi kegiatan ini juga bisa menghadirkan wisatawan nusantara, bahkan bagi pemerhati khusus budaya, antropolog, bisa juga dikunjungi wisman. Selamat berfestival.

“Pariwisata selalu melihat dia sisi, cultural value dan commercial value, dan keduanyabharus balance. Ada manfaat culture nya, ada nilai keekonomiannya,” ucapnya. (AB)

You may also like ...