Indonesia Akan Deportasi 153 Penjahat Siber Cina

Image result for Indonesia bakal usir 153 warga cina yang terlibat penipuan

Sebagian dari 153 penjahat siber yang akan dideportasi oleh Indonesia (Liputan6)

Indonesia bakal mendeportasi 153 warga Cina yang tertangkap karena penipuan internasional secara daring. Hasil kejahatan ini mencapai jumlah fantastis, 6000 milyar rupiah, ungkap Bareskrim Polri Indonesia Selasa kemarin seperti yang dikutip courrierinternational.

Para tersangka ini, yang beroperasi dari luar negerinya untuk menghindari endusan otoritas Cina, kerap berlagak sebagai polisi atau otoritas resmi Cina. Sasaran mereka adalah kaum tajir dan para politisi Cina, yang sedang bermasalah dengan hukum, dan para tersangka yang melagak sebagai polisi menjanjikan untuk menyelesaikan masalah asalkan membayar dengan sejumlah uang, begitu diungkapkan Bareskrim Polri.

Kegiatan kejahatan ini tercium oleh badan intelejen Cina dan menyakini bahwa 153 orang itu menjadi bagian dari organisasi kejahatan. Mereka meraup uang kejahatan sekitar 6000 milyar (380 juta euro) sejak beroperasi akhir tahun 2016.

Kami melakukan penyelidikan khusus dan kami sudah menjalin hubungan dengan pihak otoritas Cina untuk mendeportasi para pelaku,”ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rikwanto.

Para tersangka ditangkap saat beroperasi di berbagai tempat pekan lalu di Jakarta, Surabaya, dan di Bali. Di antara para penjahat ini, terdapat beberapa ahli informatika yang tugasnya mengumpulkan informasi tentang korban-korban dan kemudian menjalin kontak dengan para korban.

Pelaku dan korban adalah warga Cina. Dan mereka beroperasi dari Indonesia,”ungkap Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono.

Polri kemudian mencari tahu bagaimana para penjahat itu bisa masuk ke Indonesia dengan paspor yang tidak resmi. Begitu mudahnya mereka lolos dari pemeriksaan, memang membuat marak kejahatan siber dari luar Cina selama beberapa tahu belakangan.

You may also like ...