Era Digital Menjadi Motor Penggerak Transaksi Online Bagi Anak Muda

as

Salah satu contoh barang yang dipesan dari luar negeri melalui online. (foto: fitria/PY)

PEWARTAYOGYA.COM – Memasuki era digital seperti saat ini, hampir seluruh aktivitas manusia tidak lepas dari media internet, baik untuk komunikasi maupun transaksi jual-beli. Dampak yang ditawarkan internet pada manusia terutama kaula muda sangat terasa seperti halnya onlineshop yang sudah tumbuh dan berkembang pesat. Media internet berbasis onlineshop tersebut menyediakan wadah untuk berwirausaha sejak umur belia. Hal demikian, tentu harus dimanfaatkan secara bijak oleh pengguna website juga penikmat jasa layanan laman internet usaha tersebut.

Masyarakat terutama kaum wanita lebih memilih membeli barang kebutuhannya seperti baju, sepatu, tas dan lainnya melalui media online. Kegiatan membeli secara online dilakukan juga oleh Annisa Solehah, mahasiswi asal Serang yang gemar membeli baju, tas, sepatu, sandal juga lisptik. Menurut penuturannya, membeli secara online cocok bagi yang sungkan untuk pergi keluar rumah atau pergi ke mall seperti dirinya dan beberapa perempuan lainnya yang sependapat.

E-commerce memberikan manfaat utama seperti transaksi online. Semua orang di seluruh dunia dapat memesan dan membeli produk yang dijual hanya dengan melalui media komputer atau gadget  serta tidak terbatas jarak dan waktu. Kepercayaan konsumen yang memilih untuk bertransaksi di onlineshop berawal dari datangnya barang dengan tepat waktu dan barang yang sesuai dengan pesanan. Pada umumnya konsumen akan melakukan pembelian secara online di toko online yang sudah dipercaya, seperti pengalaman yang dirasakan oleh Intan Dwi Yuniarti mahasiswa salah satu Universitas di Yogyakarta.

Ketelitian terhadap laman internet yang menyediakan transaksi jual-beli seperti onlineshop harus menjadi hal yang perlu dilakukan konsumen. Konsumen dapat melihat testimoni konsumen lainnya yang sebelumnya sudah bertransaksi di onlineshop tersebut. (PY/Ine Listiyanti)

You may also like ...