Aksi Mulia George dan Amal Clooney: Menyekolahkan 3000 Anak Suriah

Anak-anak pengungsi Suriah di Libanon (AFP)

George dan Amal Clooney akan membantu sekitar 3000 anak pengungsi asal Suriah untuk kembali ke sekolah tahun ini di Libanon, yang menurut catatan PBB sekitar 200.000 anak-anak pengungsi dari berbagai perang di berbagai negara berhenti sekolah.

Pendidikan 3000 anak pengungsi Suriah itu akan didanai secara kemitraan antara The Clooney Foundation for Justice dan Google dengan dana sekitar 2,5 juta dollar, dan ditambah dengan perlengkapan pendidikan senilai 1 juta dollar dari  Hewlett Packard, begitu yayasan Clooney mengumumkan aksi mulia ini Senin kemarin.

George Clooney adalah bintang Hollywood dan tokoh aktivis. Dia pergi ke Berlin dengan isterinya, Amal Alamuddin, untuk bertemu dengan para pengungsi, untuk memenuhi undang IRC,  International Rescue Committee.

 “Asal saya adalah Irlandia dan di Amerika sekitar 100 tahun lalu, kami adalah pengungsi. Orang-orang Irlandia diperlakukan buruk di Amerika selama satu zaman tertentu dan kehadiran mereka tidak diakui. Dan orang Amerika kemudian belajar menerima mereka. Negeri kami adalah negeri imigran dan belakangan in kami melupakan masa lalu kami. Fakta bahwa saya di sini untuk berbicara hal ini adalah untuk mengingatkan orang Amerika siapa kami dan siapa Anda sekalian saat ini,” ungkap George Clooney.

Kemitraan dengan Unicef memungkinkan 7 sekolah negeri untuk memberikan kesempatan anak-anak pengungsi itu belajar kembali. Sekaligus untuk menguji teknologi modern terhadap anak-anak Libanon dan anak-anak Suriah dari alat-alat peraga yang diperbantukan Hewlett Packard.

Related image

Pertemuan George dan Amal Clooney dengan pengungsi Suriah di Berlin (Euronews)

“Ribuan anak-anak pengungsi Suriah berhadapan langsung dengan bahaya, dan bahaya yang bukan elemen produktif bagi masyarakat. Sebuah pendidikan formal dapat mengubah situasi itu,”begitu bunyi pernyataan resmi  Amal et George Clooney.

“Kami tidak ingin kehilangan sebuah generasi karena mereka tidak memiliki keberuntungan dan karena lahir di sebuah lingkungan buruk di zaman yang buruk,” lanjut pasangan suami isteri selebrita itu.

Sekitar 1 juta warga Suriah, 500.000 di antaranya anak-anak, terdaftar sebagai pengungsi di Libanon, setelah mereka melarikan diri dari negerinya yang sedang dilanda perang saudara sejak 6 tahun silam dan menyebabkan 330.000 korban tewas.

Alam Alamuddin Clooney, lahir di Libanon sebelum keluarganya pindah ke Inggris, adalah seorang pengacara terkenal dan militan hakasasi manusia. Dia menikahi George Clooney pada 2014 dan pasangan ini dikaruniai anak kembar, pada bulan Juni kemarin.

 

You may also like ...